Thursday, August 6, 2015

Pameran JP Soetardjo: Menjawab Semua Pertanyaan, Jogja Contemporary 13 - 27 Agustus 2015







Pius Sigit Kuncoro dan Maria Carmelia Menggali Ingatan JP Soetardjo
 
     Lukisan cat air diatas kertas berukuran 34 x 34 cm menggambarkan seorang gadis berambut ikal bersuntingkan bunga, digambarkan sebagai sampul piringan hitam album Orkes Nusa Permai yang berjudul Gadis Bermata Bening. Musik yang mengalun bernada lagu lawas tahun 50-an dengan judul yang sama dengan judul gambar cat air tersebut. Gambar-gambar cat air yang lain menampilkan sosok lelaki sepuh dalam berbagai pose, bermusik dengan teman-temannya, dalam suasana perang, diatas kapal laut, di dapur memarut kelapa, bahkan ada kliping sampul buku dan surat dari temannya, membuat kita tersesat dalam buku harian seorang JP Soetardjo. Siapakah dia?
     Adalah Pius Sigit Kuncoro dan Maria 'Lieke' Carmelia yang menggagas tokoh rekaan bernama Mbah Tardjo. Dan menghidupkan Mbah Tardjo ini dengan dukungan berbagai teman dengan berbagai latar belakang. Misalnya: Erson Padapiran adalah seorang sarjana hukum yang lebih mencintai musik daripada dunia hukum. Taufik Hermawan adalah pembuat wayang yang hidup dari menjual keris. Ada pula Ngakan Ardana, pelukis produktif yang sering terlibat dalam pameran-pameran seni rupa; Anggawan Kusno, perupa yang hobi mengarang kisah-kisah bersejarah, dan mensejarahkan kisah-kisah karangan, dan bermain dengan ingatan kesejarahan; Apriadi Ujiarso, penyuka kopi yang juga pegiat permuseuman; Primanto Nugroho, pencinta buku dan dunia tulis menulis; dan juga M Kristiawati, ibu rumah tangga yang suka menyulam dan aktif sebagai sukarelawan pendamping keluarga penderita kanker. Bersama mereka mengumpulkan ingatan (rekaan) tentang sosok sepuh Mbah Tardjo yang pasti mengingatkan kita pada sosok Mbah yang hangat, berwawasan luas, dan juga menghibur.
     Pameran ini diselenggarakan Jogja Contemporary dari tanggal 13 hingga 27 Agustus 2015, di Kompleks JNM, Gampingan. Buka Senin – Sabtu jam 10 – 5 dan tidak dipungut biaya masuk. Akan diadakan juga sesi Ngrasani Mbah Tardjo pada tanggal 19 Agustus 2015 pukul 16.00 wib.
 


--
____________________
Rismilliana Wijayanti

Exhibitions:
MAKER'S MARK
Panca DZ
28 Juli -8 Agustus 2015

JP Soetardjo: MENJAWAB SEMUA PERTANYAAN
Pius Sigit Kuncoro
13 - 27 Agustus 2015


Mailing Address:
Kompleks Jogja National Museum
Jl. Prof Ki Amri Yahya no 1, Gampingan
Yogyakarta 55167
Indonesia

Open: Monday - Saturday 10.00 - 17.00






No comments:

Post a Comment