Saturday, September 26, 2015

[UNDANGAN] Pembukaan Pameran Titus Garu - Diana Harjanti Mahardhika: TRY TO EXPLAIN






Try To Explain

 

Pameran Duet│An Exhibition Of :

Titus Garu dan Diana Harjanti Mahardika

 

Organized by:

Museum dan Tanah Liat

 

Dikurasi Oleh │Curated By:

Bambang 'Toko' Witjaksono

 

Pengantar oleh | Foreword by

Hari Prajitno-MDTL

 

Pembukaan | Opening

Senin | Monday, 28 September 2015 | 19.30 wib

Pertunjukan Oleh │Special Performance by:

Emaneman Band & Mamahima

 

Pameran berlangsung hingga | Exhibition runs through

Selasa | Tuesday, 13 Oktober 2015

 

 

di | at

Jogja Contemporary

Komplek Jogja National Museum (JNM)

Jl. Ki Amri Yahya No. 1 Yogyakarta

 

Pameran Buka Setiap Hari Pada │ Exhibition Open Daily at:

10:00 WIB – 17:00 WIB

 

Reservation:

Ries (+62 818260134ries@jogjacontemporary.net)

Bara (+62 856 28 31147 / barahasti@gmail.com)



Rilis Media


Yogyakarta-Bertempat di Jogja contemporary yang beralamat di Komplek Jogja National Museum Jl. Ki Amri Yahya No. 1 Yogyakarta, Museum dan Tanah Liat kembali menggelar pameran. Kali ini merupakan pameran duet antara Titus Garu Himawan dan Diana Harjanti Mahardika yang bertajuk "Try To Explain".


Mengapa "Try To Explain" ? "Lewat pameran inilah kedua perupa mencoba menjelaskan posisi mereka, terutama posisi serta kesadaran mereka sebagai seniman muda yang mulai menapaki proses dalam jagad seni rupa dewasa ini" jelas kurator Pameran Bambang 'Toko' Witjaksono. Mengingat kedua perupa tersebut masih tercatat sebagai mahasiswa Institut Seni Indonesia Yogyakarta, juga telah memilki peran dalam kehidupan rumah tangga karena sama sama telah menikah (Titus sudah menikah dengan Dita dan Diana sudah menikah dengan Trias).


Titus yang merupakan mahasiswa Jurusan Seni Kriya Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta ini juga bergabung dan aktif dalam Prison Art Programs adalah seorang perupa yang sangat spontan dalam berkarya, tidak bergantung kepada material karya. Kegemarannya adalah memunguti benda-benda unik tak terpakai atau membeli mainan anak-anak yang kemudian ia preteli dan ia rangkai kembali, ia warnai, ia tambahi hingga lahir bentuk baru. Ketika sibuk menggabungkan benda-benda temuannya tersebut, Titus masuk dalam alam imajinasinya, alam kebebasannya. Kemudian ketika karya tersebut selesai, barulah ia putuskan pengemasan karya tersebut.


Pada pameran "Try To Explain" kali ini, Titus menghadirkan 22 karya dua dimensi lukisan di atas kanvas, drawing di atas lembaran karton, jahitan benang pada kertas serta cat semprot dan kolase di atas lembaran akrilik.

"Hampir senada dengan Titus, Diana juga senang untuk merangkai bentuk dari berbagai material, namun benda/material ini bukan barang bekas. Material yang selama ini mempunyai fungsi lain, ia jadikan bahan untuk membuat karya" jelas Bambang Toko.


Diana menghadirkan 7 karya tiga dimensi dengan material dakron, kain, NYA wire, kayu jati, akrilik, stocking, kayu kelapa, resin, pecahan kaca, dan sponge. Dalam berkarya, Diana sangat dipengaruhi oleh buku-buku cerita anak-anak. Pengaruh visual karya-karya Diana paling banyak ia dapatkan dari ilustrator Quentin Blake. "Aku seorang penggemar berat otak, karena otak merupakan keajaiban yang luar biasa" terang Diana. "Bagiku berkarya adalah memberi makanan pada otak" lanjutnya.


Selain persamaan latar belakang sebagai mahasiswa yang telah berumah tangga serta kegemaran merangkai bentuk dan mengeksplorasi material, lewat pameran "Try To Explain" yang akan dibuka pada Senin 28/09/15 pukul 19:30 WIB ini baik Titus maupun Diana dalam catatan kuratorial Bambang Toko seakan berada pada posisi transisi; posisi yang membuat galau : antara masa muda yang bebas dan masa sesudah menikah yang sering dikonotasikan sebagai masa kemapanan.




--
____________________
Rismilliana Wijayanti

Exhibitions:
TRY TO EXPLAIN
DH. Mahardhika & Titus Garu Himawan
28 Sept - 13 Okt 2015

Mailing Address:
Kompleks Jogja National Museum
Jl. Prof Ki Amri Yahya no 1, Gampingan
Yogyakarta 55167
Indonesia

Open: Monday - Saturday 10.00 - 17.00




No comments:

Post a Comment