Thursday, September 24, 2015

Yogya | Jumat, 25 September 2015 | Festival Musik Kampus “Berani Jujur”

Yth:
Rekan2 seniman dan akademisi Indonesia di manapun berada

Dengan hormat,
Kami Sekretariat Bersama Seni Indonesia Berkabung mengundang Anda semua menghadiri dan bergabung dalam acara Festival Musik Kampus "Berani Jujur" pada:
               Jumat, 25 September 2015, Pukul 19.30 – 22.00 WIB
               Di PKKH UGM – Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjosoemantri, Yogya

Rangkaian acara Festival Musik Kampus adalah pembacaan Deklarasi Bulaksumur dan Pralaya Matra (Seni Buang Sial). "Berani Jujur" Festival Musik dan seluruh rangkaiannya adalah cara mengingatkan diri sendiri sebagai seniman dan akademisi agar tidak asik dengan diri sendiri.

Acara ini merupakan bagian dari Proyek Seni Indonesia Berkabung yang digagas oleh gabungan akademisi dari Universitas Sanata Dharma, Institut Seni Indonesia, Universitas Duta Wacana, Universitas Gadjah Mada, dan seniman Yogyakarta, adalah serangkaian kegiatan seni beragam bidang dan seminar yang diselenggarakan untuk mengkritisi situasi sosial dan politik yang terjadi di Indonesia saat ini. PROYEK SENI INDONESIA BERKABUNG akan dilangsungkan dalam kurun 6 bulan terhitung mulai Juli sampai Desember 2015.

Di bawah ini naskah deklarasi yang akan kita baca bersama-sama pada Festival Musik Kampus "Berani Jujur", (Jumat 25 September 2015, pukul 19.30 WIB), berurutan dengan Pralaya Matra (Seni Buang Sial) Ngakan Ardana, yang sekaligus menjadi penanda penutupan pameran senirupa "Duh Gusti".

Deklarasi Bulaksumur

1. Para pemimpin lembaga negara dalam mengambil keputusan, jangan mengikatkan diri pada kepentingan apapun selain pada rakyat dan hati nurani;

2. KPK harus tetap menjadi lembaga independen dan menjadi ujung tombak dalam memberantas korupsi di Indonesia;

3. Seniman dan akademisi jangan hanya sibuk dengan estetika, subjektivitas, soal-soal keilmuan dan kemapanan status, tapi harus responsif terhadap persoalan kehidupan yang mengancam kepentingan rakyat dan kehidupan bersama.

Demikian undangan, atas perhatiannya kami sampaikan terimakasih sebelumnya.

Hormat kami,
Yustina Neni / Sekretaris

No comments:

Post a Comment