Thursday, September 15, 2016

[kelola] Pertunjukan Hibah Seni Kelola 2016, Kamar Mandi Kita, Yusril

...
Kini, di sebagian kamar mandi telah menjadi ruang publik yang bisa diekspose atau tererkspose kapan saja. Ketika di kamar mandi orang-orang bisa selfie untuk kemudian diunggah menuju media sosial, tidak ada lagi rahasia, tidak ada lagi batas.
...

Kamar Mandi Kita

Kamar mandi merupakan tempat untuk membersihkan diri; menggosok gigi, membasuh tubuh, mencuci tangan, dan menghilangkan daki yang melekat di badan. Kamar mandi sering juga kita gunakan sebagai tempat berkumur-kumur dan mengeluarkan suara yang tidak jelas. "Kamar Mandi Kita" akan menjadi ruang membersihkan segalanya.

Pada fungsinya yang jelas, ruangan itu merupakan ruang privasi, tempat terdapat batas di sekitar yang terlihat. Orang lain tidak boleh memasuki ruang personal dan akan selalu diatur bagaimana dalam berinteraksi dengan orang lain dan dapat memiliki jarak, bergerak bersama, meluas, dan berkontraksi. Namun saat ini kamar mandi tidak lagi menjadi ruang personal yang memiliki rahasia.

Kini, di sebagian kamar mandi telah menjadi ruang publik yang bisa diekspose atau tererkspose kapan saja. Ketika di kamar mandi orang-orang bisa selfie untuk kemudian diunggah menuju media sosial, tidak ada lagi rahasia, tidak ada lagi batas. Kamar mandi berubah menjadi ruang terbuka sebagai ruang milik bersama, tempat masyarakat melakukan aktivitas fungsional dan ritualnya dalam suatu pernyataan diri.

Yusril memahami kamar mandi untuk melakukan pembacaan atas karya terbarunya "Kamar Mandi Kita". Ia mengajak siapapun masuk ke dalamnya; kamar mandi sebagai ruang fisik dan ruang penciptaan sebuah repertoar.

Pertunjukan teater ini akan berlangsung di Kampus ISI Padang Panjang pada hari Rabu 21 September 2016 dan Taman Budaya Sumatera Barat pada hari Jumat, 23 September 2016. Di kedua tempat pertunjukan berlangsung pukul 20:00 Wib.

Pentas ini merupakan bagian dari Hibah Seni Kelola 2016 yang didukung oleh First State Investments dan Citi Indonesia.

Copyright © 2016 kelola, All rights reserved.
You are receiving this email because you opted in at our website : www.kelola.or.id

Our mailing address is:
kelola
Jl. H. Abdul Madjid no. 44 R, Cipete Selatan
Jakarta Selatan 12410
Indonesia


No comments:

Post a Comment