Tuesday, September 13, 2016

Fwd: [kelola] Pertunjukan Hibah Cipta Perempuan, Akad Di Atas Jukung, Gita Kinanthi


Akad menjadi prinsip dagang. Transaksi dianggap kurang afdhal jika tidak dengan akad. Ia adalah kesepakatan dalam transaksi yang dilandasi keikhlasan (dalam bahasa Banjar disebut barelaan) yang membentuk nilai-nilai kejujuran dan kebersamaan.
...

Akad Di Atas Jukung: Jual-Tukar


Masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan, harus berterima kasih kepada Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari (Datu Kalampayan) yang dalam kitab Sabilal Muhtadin mengajarkan akad jual-beli sesuai syariat Islam. Pedagang di pasar terapung masih bertahan dengan sistem jual-beli ini, dengan dialog dan interaksi yang luwes, transaksi pada pasar tradisonal dilakukan dengan ijab-qabul, akad jual beli; pedagang mengucapkan "jual" (dijual/menjual) dan pembeli mengucapkan "tukar" (dibeli/membeli).

Akad menjadi prinsip dagang. Transaksi dianggap kurang afdhal jika tidak dengan akad. Ia adalah kesepakatan dalam transaksi yang dilandasi keikhlasan (dalam bahasa Banjar disebut barelaan) yang membentuk nilai-nilai kejujuran dan kebersamaan.

Pada sisi lain, perdagangan modern pasar swalayan, mall, dan supermarket, juga hadir di Banjar –seperti pada kota besar di Indonesia- membentuk karakter yang individual karena tak memiliki kesempatan berinteraksi yang akrab. Urang Banjar yang egaliter dan permisif, menerima kehadiran pasar modern.

Gita Kinanthi sebagai koreografer mengambil keadaan ini untuk dijadikan pijakan dalam mencipta sebuah karya tari. Ia menafsirkan dan membandingkan efek nilai dan refleksi psikologis positif-negatif masyarakat Banjar antara sistem tradisi berdagang di pasar terapung dengan perdagangan swalayan, tanpa bertendensi untuk memberi label baik dan buruk. Gita menawarkan keduanya; tradisi dan modern.

Dengan pendamping Y.s. Agus Suseno, Gita Kinanthi menghadirkan karyanya yang berlangsung di Gedung Balairung Sari UPTD Taman Budaya Kalimantan Selatan pada hari Selasa, 20 September 2016 pukul 16:00 Wita dan 20:00 Wita.

Harga tiket Rp15.000 dan Rp20.000 dapat dibeli di tempat pertunjukan. Sebagai narahubung pada acara ini, sila kontak Dia di 0812 1841 9645 dan Ridha di 0859 5111 2681.

Pentas ini merupakan bagian dari Hibah Cipta Perempuan Kelola 2016 yang didukung oleh First State Investments dan Citi Indonesia.
Copyright © 2016 kelola, All rights reserved.
You are receiving this email because you opted in at our website : www.kelola.or.id

Our mailing address is:
kelola
Jl. H. Abdul Madjid no. 44 R, Cipete Selatan
Jakarta Selatan 12410
Indonesia


No comments:

Post a Comment