Monday, May 15, 2017

Pameran: Mereka-reka #jogjartweek #artjog #senirupa #art #Indonesia #Yogya #Yogyakarta #Jogja




MEREKA-REKA:
MATERIAL SEBAGAI PESAN
 

Seniman:
Nindityo Adipurnomo
Zulfian Amrullah
Maharani Mancanagara
Adek Dimas Ajisaka
 
Kurator:
Arham Rahman

Durasi Pameran:
17 Mei-17 Juni 2017
 
 
Pameran ini berkepentingan untuk mengeksplorasi material-material yang biasanya akrab dalam craft, terutama material "alami" seperti kayu, daun, mendong, dll. Material-material tersebut menjadi pelatuk untuk membicarakan dan mengeksplorasi berbagai persoalan, entah itu sejarah, pendidikan, lingkungan, konsumsi dan persoalan sosial lainnya. Kepekaan dan kecakapan dalam mengolah material, batas-batas, serta kelenturan dari material-material itu sendiri juga menjadi isu pokok yang disoroti di dalam pameran ini.

Kami meyakini gagasan sebuah karya tidak berdiri di luar materialitasnya. Suatu material sudah membawa pesan tertentu atau mempunyai dimensi estetisnya sendiri, meskipun tidak bisa dibilang ia inheren atau ada pada dirinya sendiri—dalam arti kata, tafsiran atau pemaknaan orang atas watak material itu tetap historis. Orang memilih sebuah material karena ada himpunan makna yang dilekatkan secara sosial di dalamnya diandaikan bisa membantu untuk menghantarkan gagasan tertentu atau malah dirasa terhubung secara personal. Asumsinya, mengubah material yang digunakan, meskipun gambar bentuknya sama, akan mengandaikan pesan yang berbeda. Setidaknya lewat pameran ini kami berupaya kembali merefleksikan urgensi dari materialitas dalam seni.

Pameran ini mengundang empat orang seniman yang memang bekerja dengan material-material alami. Keempatnya punya metode, teknik, pendekatan, gaya dan imajinasi yang berbeda dalam memendang atau memperlakukan sebuah material. Tentu kami berharap ada dialog yang intens dan kritis dengan beranjak dari pembicaraan soal material dalam medan seni kiwari (kontemporer) Indonesia.

 
Informasi lebih lanjut hubungi:
Arham Rahman
085796914274
-------------------------------------------------------------------------------


Jadwal acara diskusi
Rabu, 24 Mei 2017
14.00 - 17.00 WIB

-------------------------------------------------------------------------------
Lorong adalah ruang aktivitas alternatif di Yogyakarta yang terdiri dari ruang galeri, warung, homestay, ruang pertemuan, dan stockroom. Ruang ini dikelola oleh sekelompok orang dari berbagai latar belakang disiplin, dan difungsikan sebagai jembatan serta penghubung berbagai bentuk aktivitas kreatif.


Galeri Lorong
Jl. Nitiprayan –Dusun Jeblok RT. 01, Dukuh 3, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul
(Tutup setiap Minggu & Senin)
Jam kerja: 10.00-17.00 WIB

Kontak surel:
galerilorong@gmail.com

Copyright © *2017 || GALERI LORONG*, All rights reserved.

Our mailing address is:
GALERI LORONG
Dusun Jeblok RT 01 Dukuh 3, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, DI Yogyakarta


#artjog #senirupa #art #Indonesia #Yogya #Yogyakarta #Jogja 

No comments:

Post a Comment