Wednesday, May 17, 2017

International Museum Day 2017: RRRec Fest at The Museum_18 Mei 2017


[UNDANGAN]



Inline image 1


Museum Nasional Indonesia dan RURU Corps

mempersembahkan:

 

RRREC FEST  AT THE MUSEUM

INTERNATIONAL MUSEUM DAY 2017

18 - 24 Mei 2017 at Museum Nasional Indonesia, Jakarta

 

MUSIC – ART EXHIBITION –FILM SCREENING 

WORKSHOP – TALKS – BAZAAR

 

 

Dalam rangka International Museum Day tahun ini, yang dirayakan komunitas museum di seluruh dunia pada 18 Mei, Museum Nasional Indonesia bekerjasama dengan RURU Corps –biro komunikasi visual yang didirikan oleh tiga organisasi seni berbasis di Jakarta: yaitu ruangrupa, Forum Lenteng, dan Serrum – turut serta memperingatinya dengan mengadakan festival seni "RRREC Fest at The Museum".

 

Kami ingin mengundang Ibu/Bapak sekalian dalam peresmian kegiatan sekaligus pembukaan pameran, yang akan diadakan pada:

 

Hari/Tgl:       Kamis, 18 Mei 2017

Jam:             16.00-20.00

Tempat:        Lobi Gedung B, Museum Nasional Indonesia

                     Jalan Medan Merdeka Barat, No.12, gambir, Jakarta Pusat

 

Besar harapan kami atas kehadiran Ibu/Bapak dalam kegiatan ini.

 

Untuk info program selama satu minggu ke depan silakan ikuti:

 

Twitter: rrrec_fest | @MuseumNasional

Instagram: rrrec_fest | @MuseumNasional

Facebook: RRRec Fest | MUSEUM NASIONAL INDONESIA

 

#rrrecfest #rrrecfestatthemuseum #internationalmuseumday

#museumnasional

#music #artexhibition #filmscreening #workshop #talks #bazaar #icom

 

***

Tentang International Museum Day

International Museum Day 2017 (IMD 2017) dirayakan dengan tujuan untuk menjadikan Museum sebagai alat untuk menciptakan masyarakat yang damai. Tema yang diangkat IMD 2017 adalah Museums and contested histories: Saying the unspeakable in museums (Museum dan sejarah yang dipertanyakan: Mengatakan yang tak bisa dibicarakan di museum)

Tema ini berfokus pada peran museum, yang,dengan bekerja untuk memberi manfaat bagi masyarakat, menjadi pusat untuk mempromosikan hubungan damai antar manusia. Ini juga menyoroti bagaimana penerimaan dari sebuah sejarah yang dipertanyakan adalah langkah pertama dalam membayangkan masa depan bersama di bawah bendera rekonsiliasi.

Dengan memilih tema mengatakan yang tak bisa dibicarakan di museum, tema IMD 2017 melihat bagaimana memahami aspek-aspek yang tidak dapat dipahami dari sejarah yang dipertanyakan yang melekat pada umat manusia. Ini juga mendorong museum untuk berperan aktif dalam membahas sejarah traumatis secara damai melalui mediasi dan berbagai sudut pandang.

Kami mengundang institusi budaya dari semua jenis di seluruh dunia untuk bergabung dalam perayaan ini, yang akan berfokus pada tautan yang memungkinkan adanya visi masa depan di atas dan melampaui hal-hal tabu dan untuk saling memahami satu sama lain.

Dewan Museum Internasional (ICOM) mendirikan Hari Museum Internasional pada tahun 1977 untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan peran museum dalam pengembangan masyarakat, dan perayaan tersebut terus mendapatkan momentumnya sejak saat itu. Pada tahun 2016, Hari Museum Internasional mengumpulkan partisipasi terbanyak yang memecahkan rekor partisipasi dengan dirayakan oleh lebih dari 35.000 museum yang menyelenggarakan acara di 145 negara.

 

***

Tentang RRREC Fest

RRREC Fest adalah festival musik alternatif yang bertujuan untuk memberikan kontribusi gagasan yang segar, inovatif dan inspiratif melalui rangkaian program terkonsep meliputi konser musik, pameran seni rupa, workshop, pemutaran film, diskusi dan bazaar seni. Festival ini ditujukan khususnya kepada generasi muda, pecinta musik, dan warga kota Jakarta pada umumnya.

 

Festival ini hadir sebagai sebuah pernyataan akan pentingnya semangat alternatif, tidak hanya dalam dunia musik tetapi juga dalam praktik kebudayaan lainnya. Semangat ini akan selalu membuka ruang bagi lahirnya berbagai penciptaan dengan gagasan segar, inovatif dan inspiratif. Kami memilih untuk mengadakan festival musik dengan kesadaran untuk membuat sebuah platform bagi terciptanya meeting point untuk saling berbagi.


No comments:

Post a Comment