Friday, July 31, 2015

Bandung 1 Agustus 2015 | BEATSCAPE By Adi Dharma






 

BEATSCAPE

Pameran tunggal oleh Adi Dharma a.k.a STEREOFLOW

 

Dikurasi oleh Rifandy Priatna

Kontribusi Essay oleh Riksa Afiaty dan Ing Landjanun

Musik oleh FUNKBOX

 

 

Pembukaan:

Sabtu, 01 Agustus 2015 | pkl. 19:00 WIB

 

Bincang Seniman:

Sabtu, 08 Agustus 2015 | pkl. 15:00 – 17:00 WIB

 

Tempat:

SALIAN

Jl. Sersan Bajuri no.86

Bandung

 

Pameran akan berlangsung hingga 21 Agustus 2015.

 

 

 


beat

noun

a main accent or rhythmic unit in music or poetry.

 

-scape

combining form

suffix: -scape

denoting a specified type of scene

 

Intuisi memiliki peranan besar dalam perkembangan peradaban manusia, banyak penemuan besar dan penciptaan mahakarya diawali oleh intuisi dari penemu dan penciptanya karena intuisi adalah kemampuan untuk menyerap pengetahuan tanpa gangguan ataupun kebutuhan akan "fungsi irasional", berlawanan langsung dengan sensasi dan sedikit berlawanan dengan "fungsi rasional" seperti berpikir dan merasakan. Jung mendefinisikan intuisi sebagai "persepsi melalui alam bawah sadar". Intuisi menggunakan sensasi-persepsi sebagai titik awal, untuk memunculkan ide, gambaran dan kemungkinan akan jalan keluar dalam situasi yang buntu, melalui proses yang sebagian besar bekerja di alam bawah sadar.

 

Didorong oleh intuisi belaka Stereoflow telah menjelajahi musik dan seni visual melalui karyanya selama beberapa tahun terakhir. Menggunakan Funk dan musik hip-hop sebagai sumber inspirasinya, secara tidak sadar ia meniru semangat yang hadir pada musik tersebut di rangkaian karya terbarunya. Melalui bentuk mengalir, kontras pola dan warna yang hadir pada lukisan, patung dan instalasi, karya-karya Stereflow berbagi gagasan makna serta semangat yang sama dengan musik, yaitu Beat (ketukan). Layaknya seorang musisi yang memiliki kemampuan untuk melihat suara untuk kemudian menyusunnya kedalam sebuah gubahan harmoni dari nada dan ritme. Melalui bentuk yang mengalun, pola yang bertentangan serta warna yang berani hadir sebuah visual yang terbentuk seakan pembuatnya mampu mendengar bunyi dari setiap bentuk, warna dan garis untuk kemudian digubah menjadi komposisi yang harmonis dalam versinya sendiri. Beatscape  adalah perjelanan menerjemahkan ingatan, pengalaman, mimpi serta visi akan  skena spesifik yang telah ia selami selama ini musik hip-hop, funk dan street art.

 

Adi Dharma/STEREOFLOW adalah seorang seniman, musisi dan desainer dari Bandung Indonesia, yang bekerja dengan campuran berbagai media dalam karyanya menggunakan funk dan hip-hop musik sebagai inspirasi. Dikenal sebagai salah satu seniman yang produktif dan berpengaruh bagi skena street art  di Bandung dan Indonesia. Karyanya dikenal dengan penggunana garis lurus dan warna yang berani. Kini ia memperluas eksplorasi visual dalam karyanya dengan memasukkan musik pada proses kreasinya. 

 

SALIAN ART merupakan sebuah gagasan ruang seni yang muncul di akhir tahun 2014. Ruang ini diharapkan mampu memberikan sinergi antara seni dengan disiplin ilmu lainnya, sehingga dapat menambah pengalaman dan memberikan tantangan baru bagi para pelaku kreatif untuk tetap eksis dalam lingkup sosial di medan seni.

 

 

 

 

BEATSCAPE

Solo exhibition by Adi Dharma a.k.a STEREOFLOW

 

Curated By Rifandy Priatna

Contributing Essay by Riksa Afiaty and Ing Landjanun

Music Performance by FUNKBOX

 

Opening:

Saturday, 01 August 2015 |  7 PM

 

 

Artist Talk:

Saturday, 08 August 2015 | 3 - 5 PM

 

 

Venue:

SALIAN ART

Jl. Sersan Bajuri no.86

Bandung

 

 

Exhibition will be held until August 21st, 2015.

 

 


 

beat

noun

a main accent or rhythmic unit in music or poetry.

 

-scape

combining form

suffix: -scape

denoting a specified type of scene.

 

 

Intuition has a major role in the development of human civilization, many great discoveries and the creation of a masterpiece initiated by the intuition of inventors and creators. Intuition is the ability to absorb knowledge without disruption or the need for "irrational function", in direct contrast with the sensation and slightly opposed to "rational functions "such as thinking and feeling. Jung defines intuition as "perception via the unconscious". Intuition using the sensation-perception as a starting point, to come up with ideas, images and is likely to be way out in a deadlocked situation, through a process that mostly worked on the subconscious.

 

Driven by sheer intuition Stereoflow have been exploring music and visual art through his work for the past few years. Using Funk and hip-hop music as his muse, he unconsciously replicates the spirit of the music on his recent work. Through flowing shapes, contrasting pattern and colors on his painting, sculpture and installation Stereflow share the same significance notion with the music, Beat. As musician have the capability to see sound and compose it into an arrangement in form of harmony of tone and beat. Stereoflow is able to hear the sound of every shape and colors, and compose it visually to create its own harmony. Beatscape is a journey of a Bandung based street artist into his persona experience, dreams, music and vision.

 

Adi Dharma/STEREOFLOW is an artist, musician and designer from Bandung Indonesia, who employs mix of media within his work using funk and hip-hop music as his muse. Known as one of the most prolific and influential street artist in Bandung and Indonesia street art scene. His work is known for using merely straight lines and bold color. Now he extends his visual exploration by incorporating music on his creation process. 

 

SALIAN ART was established on 2014. The Art space facilitating the provision of a growing interdisciplinary synergy between the Visual Arts, new creative ideas and other diverse arts disciplines.

A space to be enjoyed by all, in a beautiful setting, we intend to provide and facilitate new challenges for creatives and the public, encouraging dynamic discourse, a social venue, and a fresh approach within and towards the Indonesian and International Art scene.

Description: https://ssl.gstatic.com/ui/v1/icons/mail/images/cleardot.gif



SALIAN ART
Space, Service & Support
Jl. Sersan Bajuri no.86 KM 3,8
Bandung


No comments:

Post a Comment