Monday, August 29, 2016

[kelola] Pertunjukan Hibah Cipta Perempuan, Brantarara, Cahwati



Cahwati sebagai koreografer mencipta karya berangkat dari tafsir cerita di Banyumas. Konsep tari yang ia tawarkan merupakan tari garapan baru yang menempatkan ragam gerak tradisi tari Banyumasan sebagai sumber. Warna-warna opera dengan gerak tari dan vokal menjadi dasar garap pertunjukan.
...

Brantarara

Pada sebuah kisah, kerajaan Nusatembini di Cilacap memiliki raja bernama Brantarara, seorang putri cantik, juga menjadi prajurit yang tegas. Brantarara memiliki kendaraan berupa Jaran Sembrani, seekor kuda bersayap. Kerajaan Nusatembini terlindungi karena perlindungan benteng bambu ori berlapis tujuh yang mengelilinginya.

Kabar kecantikan Brantarara dan kesaktian air mata kuda Sembrani menarik maksud para pangeran luar Nusatembini untuk datang. Semua usaha melamar Brantarara atau meminta air mata Jaran Sembrani tak pernah diterima. Sampai akhirnya tentara Pajajaran yang dipimpin Arya Tilandanu datang untuk meminta paksa air mata Sembrani. Peperangan antara Nusatembini dan Pajajaran pun akhirnya terjadi.

Cahwati sebagai koreografer mencipta karya berangkat dari tafsir cerita di atas. Konsep tari yang ia tawarkan merupakan tari garapan baru yang menempatkan ragam gerak tradisi tari Banyumasan sebagai sumber. Warna-warna opera dengan gerak tari dan vokal menjadi dasar garap pertunjukan. Beberapa unsur pertunjukan seperti monolog dan wayang dilibatkan sebagai bagian penggarapan visual. Dengan kata lain, pada garapan ini terdapat sebuah pertunjukan gabungan dari beberapa elemen: tari, musik, teater, dan wayang.

Pada gagasan kreatif ini, Cahwati bekerja sama dengan Sri Waluyo sebagai komposer dan Sigit Purwanto sebagai konseptor.

Pertunjukan tari ini akan berlangsung di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah pada hari Rabu, 31 Agustus 2016. Pertunjukan berlangsung dua kali pada hari yang sama, pukul 16:00 wib dan 19:30 wib.

Pentas ini merupakan bagian dari Hibah Cipta Perempuan Kelola 2016 yang didukung oleh First State Investments dan Citi Indonesia.

Copyright © 2016 kelola, All rights reserved.
You are receiving this email because you opted in at our website : www.kelola.or.id

Our mailing address is:
kelola
Jl. H. Abdul Madjid no. 44 R, Cipete Selatan
Jakarta Selatan 12410
Indonesia


No comments:

Post a Comment